Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mencegah Jantung Lemah

Pencegahan Terhadap Bahaya Jantung LemahLemah jantung merupakan suatu keadaan yang dimana jantung tidak normal, hal ini bisa terjadi dikarenakan menurunnya kemampuan jantung dalam memompa darah. Penyakit lemah jantung ini biasanya dialami oleh orang yang mengalami sakit / terdapat kondisi tertentu yang bisa merusak organ jantung. Lemahnya kondisi jantung ini mesti secepatnya ditangani supaya tidak semakin parah, dan tentunya akan membahayakan kondisi pengidapnya.

Tentunya yang menjadi pertanyaan Anda saat ini, bagaimana cara mengatasinya? Tak ada upaya lain terkecuali dengan menjalani pola dan gaya hidup sehat diantaranya dengan melakukan 6 langkah untuk menjaga fungsi jantung.

Tips dan Trik Untuk Mencegah Jantung Lemah Secara Alami

  • Olahraga

Dengan sering melakukan aktifitas fisik seperti rajin berolahraga merupakan upaya tepat yang dilakukan untuk dapat memulihkan jantung yang lemah. Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti senam aerobik, olahraga aerobik ini dapat membuat detak jantung meningkat & membuat tekanan darah menurun atau olahraga ringan lain yang dapat Anda lakukan seperti berjalan kaki, berenang, naik sepeda atau berkebun.

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur paling tidak Anda melakukannya 5 kali dalam seminggu (selama 30 menit) akan dapat menguatkan jantung Anda yang lemah. Selain itu, berolahraga seperti senam aerobik juga bermanfaat untuk memperkuat lemah jantung.

  • Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang normal bisa membantu menguatkan jantung yang lemah. Namun, apabila Anda mengalami obesitas (kegemukan), maka hal itu bisa membuat organ-organ tubuh menjadi bekerja lebih keras lagi. Mungkin, selain bisa memicu terjadinya serangan jantung, mempunyai berat badan berlebih (obesitas) juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit hipertensi, diabetes dan penyakit stroke.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami obesitas (kegemukan) disarankan untuk menurunkan berat badan. Karna dengan mengurangi berat badan pada keadaan normal bukan hanya dapat membantu memperkuat lemah jantung, tapi juga dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

  • Mengurangi Konsumsi Makanan yang Berlemak

Sebaiknya Anda berhati-hati ketika mengkonsumsi daging yang mempunyai kandungan tinggi lemak. Karna hal tersebut bisa membuat kadar kolesterol didalam tubuh Anda meningkat, sehingga terjadi penumpukan lemak dalam tubuh.

Dampaknya, aliran darah menjadi tidak lancar dan bisa membahayakan kesehatan jantung. Dan untuk itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi daging yang mengandung tinggi lemak dan tidak lebih dari 10% konsumsi kalori sehari-hari Anda, agar tidak memperparah lemah jantung yang Anda alami.

  • Hindari Makanan Kaleng dan Berpengawet

Biasanya makanan dari pabrik seperti jenis makanan kaleng mempunyai kandungan lemak yang bisa mempengaruhi kesehatan organ jantung. Oleh sebab itu, Anda diharuskan untuk menghindari konsumsi makanan buatan pabrik tersebut. Hal ini dilakukan supaya tidak memperparah jantung lemah Anda.

  • Hindari Asap Rokok

Menghisap rokok secara terus-terusan sama saja halnya dengan memasukkan racun kedalam tubuh sendiri. Karna, asap rokok yang terus-menerus masuk kedalam tubuh bisa mengakibatkan melemahnya kerja jantung. Zat karbon monoksida yang terkandung didalam rokok bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis, yakni pengerasan pada pembuluh koroner.

Selain itu, zat CO2 dan nikotin yang ada dalam rokok dapat pula membuat jantung melemah. Dikarenakan, pembuluh darah menjadi sempit dan mengurangi kemampuan sel darah merah dalam memasok oksigen. Dampak lain yang dipicu dari kebiasaan buruk merokok yakni membuat tekanan darah meningkat, dan untuk menguatkan jantung Anda yang lemah, Anda diharuskan untuk menjauhkan rokok sepanjang masa.

  • Mengobati Penyakit Lain yang Berkaitan Dengan Jantung

Penyakit diabetes dan kolesterol tinggi yang berlebih merupakan faktor resiko yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Maka dari itu, Anda harus waspada dengan terjadinya keadaan buruk itu. Untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diharapkan, Anda dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan berkonsultasi kepada dokter.

Itulah ulasan mengenai beberapa cara untuk mencegah jantung lemah, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan & bisa bermanfaat bagi Anda semua sekaligus bisa memperkecil bahaya resiko terkena penyakit jantung yang lainnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail