Mengetahui Cara Mencegah Stroke

Mencegah Penyakit Stroke
Pertanda Stroke

Selama ini masih sedikit orang yang memiliki pengetahuan mengenai cara mencegah stroke. Padahal penyakit ini termasuk dalam penyakit yang berbahaya. Penyebab terjadinya stroke justru timbul dari penyakit lainnya. Misalnya seperti penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, arteriosklerosis, gangguan jantung, diabetes, migren, sampai faktor keturunan di keluarga.

Stroke juga biasanya disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, kelebihan berat badan, dan lain sebagainya. Stroke juga bisa disebabkan karena faktor psikologis, yaitu kebiasaan marah tanpa alasan yang tidak jelas.

Cara Cara Mencegah Stroke Sejak Dini

Penanganan terhadap penyakit stroke justru lebih sulit. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu mulailah membiasakan diri hidup sehat agar terhindar dari penyakit stroke. Cara mencegah stroke yang pertama adalah dengan membiasakan diri untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah. Akibatnya darah pun menjadi lebih mudah menggumpal. Sehingga tidak heran bila perokok lebih mudah terserang stroke. Jangan lupa juga untuk memeriksa tensi darah dengan rutin.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa tekanan darah anda masih berada pada jangkauan yang normal. Tekanan darah tinggi bisa membuat anda mengalami tekanan ekstra. Meskipun tidak menunjukkan gejala, tetap cek tensi darah dengan teratur.

Cara mencegah stroke yang selanjutnya yaitu dengan menjaga kesehatan jantung. Jika anda memiliki gejala penyakit jantung seperti kadar kolesterol yang tinggi, detak jantung yang tidak teratur, sebaiknya berhati hatilah. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko terjadinya stroke.

Mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kolesterol. Jangan lupa juga untuk mengendalikan stres dan depresi. Penyebab terbesar dari stroke adalah karena stres dan terlalu banyak pikiran. Mulailah untuk makan makanan yang sehat. Paling tidak makanlah lima porsi buah dan sayuran setiap hari secara teratur. Hindari mengkonsumsi daging merah terlalu banyak. Karena lemak jenuh yang dihasilkan daging merah bisa menyebabkan pembuluh darah mengeras.

Mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi juga dianjurkan untuk mengendalikan lemak di dalam darah anda. Cobalah untuk mengurangi makanan yang memiliki kandungan garam tinggi. Karena tekanan darah bisa meningkat. Hipertensi menjadi salah satu penyebab terbesar dari penyakit stroke. Tetaplah ingat untuk memantau berat badan. Badan yang terlalu gemuk atau obesitas bisa menyebabkan resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung dapat muncul karena obesitas. Semuanya bisa memicu terjadinya stroke. Aturlah pola makan anda agar tetap terkontrol dan teratur. Jika anda bisa menjalani gaya hidup yang sehat, maka berbagai macam penyakit berbahaya tersebut tidak akan mendekati tubuh anda. Demikianlah informasi mengenai cara mencegah stroke.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *