Nutrisi Penting Bagi Balita

Nutrisi yang sehat untuk bayi
Nutrisi yang sehat untuk bayi

Tidak dapat dipungkiri nutrisi adalah salah satu kebutuhan utma yang diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan asupan nutrisi tidak terkecuali dibutuhkan oleh balita, tentu saja asupan nutrisi penting untuk diperhatikan agar kesehatannya balita tetap terjaga. Tanpa asupan nutrisi yang cukup, maka mereka akan berada dalam risiko kekurangan gizi yang pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan mereka.

Ada beberapa nutrisi yang penting untuk diasup para balita agar tumbuh kembangnya otak dapat berjalan dengan baik, berikut nutrisi penting bagi balita :
1. Kalium
Dilansir laman Fox News (30/9), menurut ahli diet sarah Krieger, Kalium merupakan nutrisi penting yang dapat mengontrol tekanan darah. Namun sayangnya, kebanyakan anak-anak tidak mendapatkan nutrisi ini, terutama pada mereka yang berisiko terkena obesitas atau kelebihan berat badan.
Nutrisi kalium dapat kita peroleh dari Sebagian besar sayuran dan buah-buahan.Sumber kalium terbaiknya dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi pisang, kentang, kacang polong, brokoli, semangka, stroberi, dan melon.

2. DHA
Selaim kalium DHA merupakan nutrisi yang tidak kalah penting bagi pertumbuhan balita. Menurut dokter anak Dr. Scott Cohen, DHA merupakan komponen penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Namun demikian rata-rata para balita hanya mendapatkan asam lemak omega-3 ini sekitar 25 persen dari yang seharusnya diterima. Otak akan tumbuh pesat selama 3 tahun pertama kehidupan, dan DHA mampu membantunya untuk mendapatkan perkembangan otak yang maksimal. Bahkan DHA mungkin bisa membantu mengatasi alergi serta pilek, dan membantu tidur balita menjadi lebih baik. Sumber makanan yang dapat kita berikan untuk mendapatkan DHA adalah telur, ikan, dan susu.

3. Kalsium
Kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga dan memberikan kesehatan tulang, gigi, dan otot, kalsium adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan balita. Kalsium dapat kita temukan pada makanan seperti susu, keju, yogourt, saus apel, sereal, dan sebagainya.

4. Zat besi
Zat besi adalah unsur komponen penting yang berfungsi dalam pembentukan hemoglobin. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan terjadinya penyakit anemia. Salah satu alasan utama mengapa balita anda tidak cukup mengasup zat besi adalah dikarenakan mereka terlalu banyak mengkonsumsi minum susu kalsium yang pada akhirnya mengalahkan asupan zat besi.

5. Serat
Nutrisi terakhir yang wajib didapatkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah serat. Mendapatkan serat yang cukup adalah bagian dari diet yang sehat. Asupan Serat penting didapatkan bagi balita yang sering mengalami sembelit. Mulai sekarang ajarkan kepada anak anda mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup tinggi yang kita ketahui terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Atau pun dnda juga dapat menggunakan oatmeal untuk mendapatkan ekstra serat.

Semoga artikel Nutrisi Penting Bagi Balita dapat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan balita.

sumber : www.helpguide.org

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *