Nutrisi yang Wajib di Konsumsi Bagi Pelari

Nutrisi yang Dibutuhkan Pelari
Atlet Lari

Lari merupakan olah raga sederhana yang sangat mudah kita lakukan serta sangat baik untuk menjaga. Namun demikian, bagi orang atau anda yang menggemari olahraga lari, sebaiknya diimbangi pula dengan asupan nutrisi yang cukup dan memadai.

Nutrisi adalah komponen penting untuk menunjang aktivitas fisik yang satu ini dimana ketika kita berlari maka membutuhkan asupan nutrisi yang lebih. Jika anda sering berlari namun tidak diimbangi nutrisi yang memadai, hal ini akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan kesehatan tubuh anda.

Nutrisi Penting Untuk Pelari

Banyak nutrisi yang bisa anda asup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda.Namun untuk menunjang aktivitas berlari anda, ada 3 nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk anda konsumsi, diantaranya adalah :

Karbohidrat
Pelari sangat membutuhkan karbohidrat. Kapasitas seberapa banyak karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, bergantung dari seberapa cepat atau jauhnya jarak anda berlari. Berlari dengan intensitas tinggi atau berlari jarak jauh dengan hanya diimbangi dengan asupan karbohidrat yang rendah, maka sama saja seperti mengendarai mobil tanpa bahan bakar.

Meskipun mengkonsumsi minuman berenergi mungkin dapat membantu anda untuk berlari lebih jauh dan memberikan kesegaran, namun asupan karbohidrat datangnya dari makanan-makanan alami yang penuh gizi jauh lebih membantu.

Diantara makanan yang mengandung karbohidrat tersebut adalah ubi jalar, nasi, quinoa, gandum, dan banyak lagi lainnya. Selain karbohidrat, jangan pula dilupakan asupan penting lainnya dari lemak dan protein yang dibutuhkan untuk membantu perbaikan dan pemulihan otot, serta fungsi organ tubuh penting lainnya.

Zat Besi
Sebelum melakukan olah raga berlari, pastikan terlebih dahulu bahwa tubuh anda telah tercukupi asupan zat besi. Fungsi dari Zat besi adalah berperan penting dalam membantu pembentukan sel darah merah, yang nantinya berfungsi membawa oksigen ke seluruh otot tubuh.

Kekurangan zat ini dapat membuat otot tubuh kurang mendapatkan asupan jumlah oksigen yang optimal. Berbeda dengan karbohidrat, kekurangan zat besi biasanya secara bertahap bisa mengakibatkan anemia. Para pelari memiliki risiko yang tinggi untuk kekurangan zat besi karena keluar dari keringat.

Sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan zat besi bisa didapat dari kacang-kacangan, daging merah, tahu, ikan, dan bayam. Untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi, kombinasikan juga dengan makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, dan sebagainya.

Sodium
Selain kedua nutrisi diatas bagi para pelari sangat perlu juga untuk mengkonsumsi zat sodium. Hal ini dikarenakan fungsi utama sodium, yaitu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh serta memastikan cairan yang masuk ke dalam tubuh secara tepat.

Selain itu, sodium merupakan elektrolit utama yang keluar melalui keringat. Oleh sebab itu, para pelari memerlukan asupan sodium sebelum, selama, dan juga setelah melakukan olah raga lari. Adapun sumber-sumber sodium yang bisa anda peroleh bisa ditemui pada sup, keju, roti, dan juga minuman berenergi.

Nah bagi anda para pencinta olah raga lari wajib untuk dipahami artikel Nutrisi yang wajib di konsumsi bagi pelari sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik dan sempurna.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *