Proses Terbentuknya Zat Asam Urat Dalam Tubuh

Proses terbentuk asam urat
Proses terbentuk asam urat

Terbentuknya asam urat juga bisa lewat metabolisme purin. Secara alami pada jaringan tubuh manusia ini sendiri mempunyai tingkat purin tertentu, demikian juga halnya pada setiap jenis makanan yang mempunyai tingkat purin yang berbeda. Untuk contoh seperti daging (organ organ hewan khususnya) yang mana telah diketahui mempunyai konsentrasi zat purin dan kolesterol yang amat tinggi di dalamnya yakni otak dan hati dari hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Jenis daging lainnya seperti ikan asin, ikan sarden, kerang juga tinggi kadar zat purin. Sedangkan pada tanaman yang memiliki kandungan purin yang sudah di moderasi diantaranya bayam, melinjo, kacang kacangan, kacang polong hijau, oatmeal, dan kembang kol.

Dan di saat seseorang sering mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung zat purin di dalamnya, maka tubuh akan memecah zat purin ini lewat proses pencernaan sehingga menghasilkan xanthine dan hipoksantin sesudah proses oksidasi oleh enzim xanthine oksidase yang akhirnya menghasilkan asam urat.

Banyak orang menganggap sepele gejala gejala penyakit asam urat ini, karena sebentar muncul sebentar hilang. Pada umumnya gejala seperti rasa sakit yang mendadak timbul akan berlangsung selama 3 sampai 10 hari, dengan tingginya rasa sakit yang akan dirasakan dalam 6 sampai 24 jam pertama serangan asma urat tersebut dimulai. Berikut ini merupakan tanda tanda awal penyakit asam urat:

  • Merasakan nyeri pada persendian yang terjadi pada pagi atau malam hari yang bisa saja merupakan gejala asam urat.
  • Bagian persendian terasa nyeri yang terjadi berulang kali.
  • Merasakan ngilu, nyeri, kesemutan, linu bahkan sampai bengkak dan kemerahan pada persendian di karenakan asam urat sudah mulai meradang.
  • Dibagian persendian kaki, tangan dan juga tumit terasa nyeri.

baca info menarik seputar obat alami asam urat.

Faktor faktor penyebab seseorang dapat terserang asam urat tentu tak sama, tapi memang 80% asam urat yang menyerang diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi, tapi ada juga faktor faktor lain yang dapat meningkatkan resiko seseorang dapat terserang asam urat. Berikut faktor faktor resiko tersebut antara lain:

  • Faktor genetik (riwayat keturunan). Apabila di dalam keluarga Anda ada yang menderita penyakit asam urat, maka bisa dimungkinkan bahwa Anda juga akan mengalaminya.
  • Usia dan jenis kelamin, penyakit asam urat ini lebih sering di alami mereka yang sudah lanjut usia dan kaum pria.
  • Terjadi gangguan pada ginjal yang bisa menggangu pembuangan asam urat.
  • Mengalami obesitas (kelebihan berat badan).
  • Mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi) atau diabetes.
  • Seringnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti otak, hati, ginjal, kaldu, ikan sarde, makanan yang diawetkan, dll.
  • Sering mengkonsumsi minum minuman yang bersoda.

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *